Senin, 16 Juli 2012

Lilin Harapan


Paulus Winarto dalam salah satu karyanya, bercerita tentang di mana, dalam sebuah ruangan gelap, terdapat 4 lilin yang menyala. Perlahan satu persatu lilin mulai meleleh. Suasana begitu sepi sehingga terdengarlah percakapan diantara mereka.

Lilin pertama : "Aku adalah damai, tapi tidak ada yang menjagaku, jadi lebih baik aku matikan diriku saja." Lilin damai pun perlahan padam.


Lilin kedua : "Aku adalah iman, tapi tak seorang pun mengenalku, tidak ada gunanya aku menyala." Tiupan angin memadamkannya.

Lilin ketiga : "Aku adalah cinta, tapi tak ada yang memandangku dan menganggapku berguna." Lilin ketiga segera padam


Tanpa di duga, seorang bocah yang takut kegelapan masuk ke dalam ruangan, si bocah menangis tersedu melihat ketiga lilin padam, dan memohon agar lilin tetap hidup. Terkejutnya, lilin ke empat pun berujar....


"Jangan takut dan menangis, selama aku masih ada dan menyala, kita akan dapat menyalakan ketiga lilin lainnya" Lilin keempat ini bernama Lilin Harapan.


Dengan mata bersinar, anak itu mengambil lilin harapan dan menyalakan kembali tiga lilin yang sudah padam

Orang yang memiliki harapan, ibarat orang yang selalu mampu melihat terang dalam kegelapan. barangkali terang itu terletak di ujung kegelapan, namun dari jauh ia mampu melihat seberkas sinarnya yang terus membuatnya maju meski rintangan menghalangi, menjalani hari-harinya dengan penuh arti, melakukan aktivitasnya dengan kegiatan yang bernilai dan penuh semangat.

Kode pertahanan menurut Harold Sherman, yang bisa membantu kita dalam perjalanan kehidupan, yang mengajak kita untuk menyalin dan membacakan setiap hari, terutama saat kesulitan hidup menghadang, diantaranya :

# Saya tidak mau menyerah selama saya tahu bahwa apa yang saya lakukan adalah benar

# Saya percaya bahwa segalanya akan berhasil jika saya tetap bertahan sampai titik terakhir.

# Saya akan berani, dan tidak tergoyahkan oleh hal-hal yang menyesatkan.

# Saya tidak akan membiarkan orang lain merendahkan tujuan saya.

# Saya akan mengatasi semua keterbatasan fisik dan keterbelakangan.

# Saya akan terus mencoba, mencoba, dan mecoba lagisampai saya memperoleh apa yang saya inginkan.

# Saya akan meyakini dan mempercayai bahwa semua orang yang sukses harus melawan kekalahan dan kesengsaraan.

# Saya tidak akan menyerah pada kekecewaan, kesedihan, atau tantangan yang saya hadapi.

 "Bersuka citalah dalam pengharapan, bersabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa"


Thanks God~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar